SDN Kertajati Digusur untuk BIJB, Orang Tua Siswa Tuntut Bangun Sekolah Baru


SEJUMLAH orang tua siswa SD Kertajati, Desa Kertajati, Kabupaten Majalengka mendesak pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membangun gedung sekolah baru untuk anak-anak mereka setelah sekolah lam digusur untuk pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Sejak sekolahnya digusur tiga tahun lalu, murid-murid yang berasal dari Blok Cintakarya dan pindah ke Blok Dangdeur Desa Kertajati itu terpaksa belajar di bangunan milik madrasah diniyah yang dibangun swadaya masyarakat.

Tidak ada fasilitas listrik ataupun MCK. Di sekeliling sekolah adalah perkebunan jati dan pepohonan. Kalaupun ada rumah-rumah serta gubuk adalah rumah yang tidak dihuni oleh pemiliknya. Rumah-rumah tak berpenghuni itu sengaja dibangun untuk mendapatkan ganti rugi kelak bila ada perluasan kawasan BIJB atau jalan menuju BIJB.

Lokasi sekolah itu sendiri berada sekitar 1  km dari pemukiman penduduk, sehingga ketika murid berangkat sekolah harus menempuh jalan licin terlebih bila hujan turun.

“Kalau saja kondisi sekolahnya baik dan jalan ke sekolah bagus kami tak harus mengantar ke sekolah,” kata Titin, Minggu (12/03).

Dadang, orang tua murid lainnya berharap pemerintah bisa segera membangun gedung sekolah baru bagi anak-anaknya agar bisa belajar dengan nyaman dan lebih percaya diri.

“Bagaimanapun dengan kondisi sekolah seperti ini cukup berpengaruh terhadap rasa percaya diri anak ketika mereka berada di luar atau bergaul di luar dengan teman beda sekolah,” ujar Dadang.

Pihak sekolah pernah mengajukan untuk dibangunkan sekolah baru agar murid bisa belajar dengan nyaman serta muridnya lebih banyak. Tabroni juga berharap Pemerintah memberikan buku pelajaran dan menyediakan buku perpustakaan karena buku-buku yang sebelumnya dimiliki sekolah hilang dicuri.

“Jumlah murid sekarang hanya 45 orang, karena ketika terkena gusuran sebagian warga pindah ke tempat lain mencari lahan yang lebih murah,” ungkap Tabroni.***



Sumber berita: http://www.cirebontrust.com/bangunan-sekolah-digusur-untuk-bijb-kini-kondisi-siswa-sdn-kertajati-memprihatinkan.html
SDN Kertajati Digusur untuk BIJB, Orang Tua Siswa Tuntut Bangun Sekolah Baru SDN Kertajati Digusur untuk BIJB, Orang Tua Siswa Tuntut Bangun Sekolah Baru Reviewed by Penghamba on 00.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.